tokan brother

Cara merawat laptop



     Halo sobat blogger. Kali ini saya akan memberi tahu agan sesuatu. Karena ini penting untuk kita. Biasanya kita sering kan mengabaikan kondisi laptop kita. Bahaya tuh, bisa-bisa lagi mau dipake buat ngetik-ngetik langsung ngehang dan mati dengan sendirinya. Hahaha... repot kan kalo laptop agan-agan rusak? ^_^ Jaman sekarang kan semuanya serba teknologi, kalo salah satu gadget yang agan gunakan sehari-hari rusak, bisa kudet* deh. (*baca: kurang apdet).
     Nah, ini nih.. Saya mau memberikan tips2 (halah) tentang cara merawat laptop agan sekalian. Kalo laptopnya beres, kerjaan juga beres kaan? Oke.. Langsung aja yaa..


 1. Jaga kebersihan laptop

     Ini nih gan.. dijaga tuh laptopnya, sering-sering dilap. Yaaa... bayangin aja itu mobil kesayangan agan yang diwariskan turun-temurun dari kakek agan. Hehehe... memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan rutin. Tapi kalo laptopnya kinclong kan udah ketauan orangnya pasti juga kinclong2 gitu.. Debu2 dan kotoran di laptop emang bisa hinggap di mana saja sesering agan maen laptop. Makanya sering2 dibersihkan juga.

 2. Jangan menaruh laptop di kasur

     Yah, agan pasti sering nih naroh laptop di atas kasur kalo lagi males-malesan. Wah, jangan dilakuin lagi ya gan. Ini bisa membuat kipas (pendingin) yang ada di laptop agan jadi kurang maksimal dalam bekerja, artinya kipas itu bukan dinginin laptop agan, tapi malah ngrusak laptop karena over heating. Yah, kalo over heat gitu ntar laptop bisa mati sendiri dan menyebabkan kerusakan pada hard disk agan. Jadi, kalo main-main jgn di kasur gan.

 3. Jangan menyalakan laptop tanpa baterai

     Baterai agan rusak? Atau malah hilang? Kok baterainya gak dipasang? Hehehe... baterai kan sumber energi laptop gan, jadi jangan sekali-sekali dilepas ya. Walaupun sudah dicolokin listrik, tetap saja itu tidak boleh, karena belum pasti listrik itu akan bertahan selamanya, coba kalau desa agan sedang dapat giliran pemadaman listrik dari PLN. Kan bisa repot tuh, laptop agan langsung mati tanpa di shutdown secara manual dan hasilnya seperti diatas. Hard disk agan cepat rusak! Jadi tetaplah pasang baterainya. Oiya, tapi jangan gunakan listrik kalau baterai masih penuh ya.

 4. Jangan terlalu sering menginstall software di laptop.

     Yang ini juga penting gan, menginstall software terlalu banyak di laptop agan selain bisa memperlambat kinerja laptop, juga bisa memperpendek umur hard disk (katanya sih). Karena, terlalu banyak registry di dalam laptop. Jadi install saja program-program yang sekiranya diperlukan. ^^

 5. Jangan menaruh benda-benda di atas laptop.

     Nah, bagi agan-agan yang minim space, atau kuran tempat, hehehe.. (tidak bermaksud mengejek) Jangan suka naroh benda-benda di atas laptop ya. Usahakan laptop ada di tempat teratas dari apapun, tapi jangan di atas genteng juga. -_- Ya, itulah, usahakan jangan menaruh benda-benda apalagi benda berat di laptop. Karena benda tersebut dapat menekan layar laptop sehingga menyebabkan kerusakan, apalagi kalau berat banget, dan benda logam pun tidak diperbolehkan. Kenapa? Karena benda bermagnet, (seperti HP) ataupun yang tertarik dengan magnet (jenis besi) dapat merusak magnet yang ada di dalam laptop. 


     Nah, sekian info dari saya. Yah, mungkin tidak semua hal di atas bisa dilakukan, saya pun baru mencoba merawat laptop saya agar tahan lama. Hehehe.. belom berhasil juga sih.
Silahkan berkomentar jika ada sesuatu yang kurang pas. ^^ Terimakasih. 

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar, komentar anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini, tetapi diharapkan tidak berkomentar dengan kata2 kasar